by

Isi Kajian Muhammadiyah , Masri Sitanggang : Umat Harus Terus Bersiap Hadapi Pertarungan

gipnkri-Persoalan besar umat Islam adalah tidak sadar sedang bertarung. Jika tidak sadar sedang bertarung bagaimana mungkin bisa menang.

Orang yang tidak sadar sedang bertarung, umumnya tidak punya persiapan. Padahal Allah memerintahkan umat Islam untuk mempersiapkan kekuatan apa saja demi menghadapi musuh-musuh.

Demikian disampaikan oleh Ketua Umum Gerakan Islam Pengawal NKRI, Dr Masri Sitanggang dalam kajian Islam di Masjid Taqwa Muhammadiyah, Jalan Rakyat Lorong Maninjau, Kecamatan Medan Perjuangan, Jumat malam (5/10/2018).

“Saya khawatir kita selama ini lalai untuk mempersiapkan kekuatan,” ujar Masri Sitanggang.

Umat Islam ini, lanjut Masri perlu melakukan persiapan karena sejatinya umat Islam sedang bertarung dalam berbagai bidang.

Sebagai contoh, dari dahulu di Indonesia terdapat tiga ideologi politik besar, yakni Islam diwakili Masyumi, Nasionalis-sekuler diwakili PNI dan komunis dengan PKI.

“Kemana anak-anak kader Masyumi dulu sekarang, jawabnya berserak dimana-mana. Sedangkan ideologi lain masih eksis dan solid,” ujarnya mencontohkan bagaimana persiapan kaderisasi umat yang lemah.

Selanjutnya, Pengurus MUI Kota Medan ini menegaskan bahwa kekuatan yang perlu dibangun adalah kekuatan aqidah. Penanaman kalimat tauhid dalam diri, kader-kader Islam harus menjadi prioritas utama sebagaimana Rasulullah Saw menanamkan tauhid selama 13 tahun di Mekkah.

“Selanjutnya yang patut dibangun adalah kekuatan ukhuwah Islamiyah. Aqidah Islamiyah memiliki konsekuensi bahwa kita ini bersaudara. Jika ada yang mengaku orang beriman namun tidam menganggap orang beriman lain sebagai saudara, maka ia bukan orang beriman sejati,” jelas sosok Ketua Jaringan Pribumi Indonesia (Japri) Sumatera Utara.

Kekuatan ukhuwah dapat berdampak dengan kekuatan politik dan kekuatan lain. Sebagai contoh kekalahan Ahok di Pilkada DKI Jakarta lalu dan kemenangan Eramas di Sumatera Utara merupakan bukti kekuatan ukhuwah Islamiyah di bidang Politik.

Sebelumnya, Ketua Pengurus Ranting Matahari Sidorame Timur Fahrul Roji menjelaskan bahwa kajian Islam digelar oleh Cabang dengan gabungan meliputi ranting Matahari dan ranting Maninjau.

“Kajian yang disampaikan salah seorang tokoh nasional, Masri Sitanggang bukan hanya terkait agama Islam tetapi juga menyentuh kebangsaan,” ujar Roji.

Comment

News Feed