by

Nasib Petani Harus Diperjuangkan di Pemilu 2019

gipnkri-Ketua Jaringan Pribumi Indonesia (Japri) Sumatera Utara, DR.Ir. Masri Sitanggang prihatin atas nasib petani di Indonesia khususnya usaha bumiputra. Ia menjelaskan bahwa selama ini pemerintahan negara tidak memberikan porsi yang bagus untuk pertanian. Padahal negara Indonesia sebagian besar adalah pertanian.

Demikian disampaikan dalam pertemuan dengan beberapa pimpinan gabungan kelompok tani (gapoktan), di Pusat Pelatihan dan Pedesaan Swadaya (P4S) Karya Mandiri, Kecamatan Beringin, Kabupaten Deliserdang, Kamis (4/10/2018).

“Indonesia untuk masalah pertanian sebenarnya memiliki sumber daya yang cukup, baik sumber daya alam dan manusianya,” ujarnya.

Pemerintah sejauh ini, lanjut sosok yang pernah mengajar di Fakultas Pertanian USU selama 20 tahun ini, memiliki kebijakan politik yang cenderung memihak pada pedagang. Hal itu berakibat yang mengambil keuntungan adalah para pedagang besar, malah petani yang menjadi miskin.

Selanjutnya, Ketua Umum GIP NKRI ini mengungkapkan masalah pertanian lain adalah kekuatan konglomerat yang menguasai perdagangan memang luar biasa.

“Orang-orang yang bergerak di bidang perdagangan inilah yang ingin terus berkuasa sehingga meminggirkan petani pribumi,” jelas sosok yang maju dalam Pileg DPR RI 2019 nanti.

Logikanya bagaimana mungkin di saat panen raya tapi pemerintahan saat ini tetap impor beras.

Sementara itu, tokoh petani Parno, Amd menyayangkan bahwa para petani selama ini hanya sebagai ajang politik semata.

“Padahal petani adalah sumber kesejahteraan suatu negara. Saya heran melihat para legislatif yang tidak membuat peraturan yang begitu kuat terkait masalah pertanian,” ujar Parno.

Alhasil, para pejabat hanya memupuk dengan kata kata dan akhirnya memanen di atas mejanya saja. Ini karena para anggota legislatif tidak mengerti pertanian.

Oleh karena itu, diharapkan legislatif yang terpilih nanti adalah sosok yang memiliki jiwa, pemahaman dan peduli terhadap dunia pertanian.

DR.Ir. Masri Sitanggang. Ketua Jaringan Pribumi Indonesia (Japri) Sumatera Utara,

 

Comment

News Feed